PERSIAPAN RAMADHAN SEJAK BULAN SYA’BAN.

PERSIAPAN RAMADHAN MULAI BULAN SYA’BAN.
Imàm Ibnu Rajab Al-Hambalî Rahimahullàh berkata,
ولما كان شعبان كالمقدمة لرمضان شرع فيه ما يشرع في رمضان من الصيام وقراءة القرآن ليحصل التأهب لتلقي رمضان وترتاض النفوس بذلك على طاعة الرحمن.
Bulan Sya’ban adalah bagaikan muqaddimah untuk Ramadhan. Maka disyariatkan padanya apa yang disyariatkan pada bulan Ramadhan berupa puasa dan membaca Alqur’an.. agar jiwa kita siap saat menyongsong Ramadhan, dan terbiasa untuk mentaati Ar-Rahmàn.”
(Ibn Rajab Al-Hambalî, Lathàiful Ma’àrif, hal. 196).

Selalulah menjaga istighfar memohon keampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bulan Ramadhan adalah SYAHRUL MAGHFIRAH (Bulan Keampunan!) .... Jangan dilalaikan beribadah dan membanyakkan amal kebaikan serta BERDOA memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata-mata.

ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA GEMBIRA ATAS TAUBAT HAMBA NYA.
وعن أبي حمزةَ أنسِ بنِ مالكٍ الأنصاريِّ- خادِمِ رسولِ الله صلى الله عليه وسلم رضي الله عنه- قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: ((للهُ أفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرهِ وقد أضلَّهُ في أرضٍ فَلاةٍ)). مُتَّفَقٌ عليه.
وفي رواية لمُسْلمٍ: ((للهُ أَشَدُّ فَرَحًا بِتَوبَةِ عَبْدِهِ حِينَ يتوبُ إِلَيْهِ مِنْ أَحَدِكُمْ كَانَ عَلَى رَاحِلَتهِ بأرضٍ فَلاةٍ، فَانْفَلَتَتْ مِنْهُ وَعَلَيْهَا طَعَامُهُ وَشَرَابهُ فأَيِسَ مِنْهَا، فَأَتى شَجَرَةً فاضطَجَعَ في ظِلِّهَا وقد أيِسَ مِنْ رَاحلَتهِ، فَبَينَما هُوَ كَذَلِكَ إِذْ هُوَ بِها قائِمَةً عِندَهُ، فَأَخَذَ بِخِطامِهَا، ثُمَّ قَالَ مِنْ شِدَّةِ الفَرَحِ: اللَّهُمَّ أنْتَ عَبدِي وأنا رَبُّكَ! أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الفَرَحِ)).
“Dari Abu Hamzah yaitu Anas bin Malik al-Anshari Radhiallahu ‘anhum, pelayan Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam katanya: Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda:
Niscayalah Allah itu lebih gembira dengan taubat hambaNya daripada gembiranya seseorang yang jatuh di atas untanya dan oleh Allah ia disesatkan di suatu tanah yang luas.”
(Muttafaq ‘alaih).

Dalam riwayat Muslim disebutkan :
Niscayalah Allah lebih gembira dengan taubat hambaNya ketika ia bertaubat kepadaNya daripada gembiranya seseorang dari engkau semua yang berada di atas kendaraannya.”
✓. Yang dimaksud ialah untanya.
✓. Dan berada di suatu tanah yang luas,
✓. Lalu kenderaannya (untanya) itu menyingkir darinya, sedangkan di situ ada makanan dan minuman untuk untanya.
✓. Orang tadi lalu berputus-asa.
✓. Kemudian ia mendatangi sebuah pohon terus tidur berbaring di bawah naungannya, sedang hatinya sudah berputus asa sama sekali dari kenderaannya tersebut.
✓. Tiba-tiba di kala itu, kenderaannya nampak berdiri di sisinya, lalu ia mengambil ikatan nya.
✓. Oleh sebab sangat gembira nya maka ia berkata :
Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan aku adalah TuhanMu.
Ia menjadi salah dalam ucapannya karena amat gembiranya.”

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist ini :
(1). KECINTAAN ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA TERHADAP HAMBA YANG BERTAUBAT.
(2). ALLAH TA’ALA GEMBIRA DI KALA MENGETAHUI HAMBANYA BERTAUBAT.
Sungguh yang dikatakan karena gembiranya, telah salah ucaoan, maka tidak dianggap dosa dengannya.
(3). KEBERKAHAN ADA KARENA PASRAH TERHADAP URUSAN ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA.

Tema berkaitan dengan Al-Quran :
1). HARUS PUNYA RAJA’ (HARAPAN) SUPAYA TIDAK PUTUS ASA.
وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”
[Surat An-Nur : 31]

2). TAUBAT NASUHA.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا.
Wahai orang- orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni- murninya).”
[Surat At-Tahrim : 8].

WAKTU MUSTAJAB BERDO’A BA’DA ASHAR dan MEMBACA DZIKIR PETANG …. Doa yang ما شاء الله luar biasa …..

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ، عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، وَمَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُكَ مِمَّا سَأَلَكَ بِهِ مُحَمَّدٌ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِمَّا تَعَوَّذَ بِهِ مُحَمَّدٌ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ، وَمَا قَضَيْتَ لِيْ مِنْ قَضَاءٍ فَاجْعَلْ عَاقِبَتَهُ رُشْدًا
(رواه الحاكم، وصححه الألباني)
ALLAHUMMA INNII AS ALUKA MINAL KHAIRI KULLIHI, ‘AAJILIHI WA AAJILIHI, MAA ‘ALIMTU MINHU WA MAA LAM A’LAM, WA A’UUDZU BIKA MINASY SYARRI KULLIHI, ‘AAJILIHI WA AAJILIHI, WA MAA ‘ALIMTU MINHU WA MAA LAM A’LAM, WA AS ALUKAL JANNATA WA MAA QARRABA ILAIHAA MIN QAULIN AU ‘AMALIN, WA A’UUDZU BIKA MINANNAARI WA MAA QARRABA ILAIHAA MIN QAULIN AU ‘AMALIN, WA AS ALUKA MIMMAA SA-ALAKA BIHI MUHAMMADUN ﷺ, WA A’UUDZU BIKA MIMMAA TA’AWWADZA BIHI MUHAMMADUN ﷺ, WA MAA QADHAITA LII MIN QADHAAIN FAJ’AL ‘AAQIBATAHUU RUSYDAA …..

Artinya :
“Ya اللَّه, aku meminta seluruh kebaikan, baik yang cepat maupun yang lambat, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui dan aku berlindung dari seluruh keburukan, yang cepat maupun yang lambat, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui …. Dan aku meminta surga dan yang mendekatkan kepadanya dari perkataan atau perbuatan dan aku berlindung dari neraka dan yang mendekatkan kepadanya dari perkataan atau perbuatan ….. Dan aku meminta segala sesuatu yang diminta oleh Nabi Muhammad ﷺ dan berlindung dari segala yang diminta perlindungannya oleh Nabi Muhammad ﷺ. Dan apapun yang Engkau takdirkan untukku, maka jadikanlah kebaikan pada akhirnya.”
[HR.Hakim dan di shahihkan Syeikh Albani] …… Semoga kita semua bisa menghafal dan membacanya dimanapun juga …….. آميــــــن

SYA’BAN, BULAN DIANGKATNYA AMAL
Usàmah bin Zaid bertanya kepada Nabi, “Ya Rasûlullàh, aku tidak melihat engkau sering berpuasa dalam satu bulan kecuali di bulan Sya’ban?”
Beliau Shallallàhu ‘alaihiwa sallam menjawab,
ذلك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان ، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين ، فأحب أن يرفع عملي وأنا صائم
“Ini adalah bulan yang banyak dilalaikan orang, terletak antara Rajab dan Ramadhan. Padahal Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal kepada Tuhan yang mengatur semesta alam. Aku ingin, saat amalku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa.
(HR. An-Nasài, no. 2329)

AMALAN MANUSIA DALAM SATU TAHUN, DIANGKAT PADA BULAN SYA’BAN
Imàm Ibnul Qayyim Rahimahullàh berkata,
عمل العام يرفع في شعبان ؛ كما أخبر به الصادق المصدوق ويعرض عمل الأسبوع يوم الاثنين والخميس ، وعمل اليوم يرفع في آخره قبل الليل ، وعمل الليل في آخره قبل النهار . فهذا الرفع في اليوم والليلة أخص من الرفع في العام ، وإذا انقضى الأجل رفع عمل العمر كله وطويت صحيفة العمل
Amalan manusia dalam satu tahun, diangkat pada bulan Sya’ban. Sebagaimana dikabarkan oleh As-Shàdiqul Mashdûq (Orang yang jujur lagi dibenarkan, yakni Rasûlullàh Shallallàhu ‘alaihi wa sallam) bahwa Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal.” (Hasyiyah Ibnul Qayyim ‘Alà As-Sunan Abî Dâwûd, 12/313)

BULAN SYA’BAN SAATNYA MENYIRAM TANAMAN
Abû Bakr Al-Balkhî berkata,
شهر رجب شهر الزرع ، وشهر شعبان شهر سقي الزرع ، وشهر رمضان شهر حصاد الزرع .
“Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya’bansaatnya menyiram tanaman dan Bulan Ramadhan saatnya menuai hasil.
(‘Alî bin Naif Asy-Syuhûd, Mausû’ah al-Khithab wad Durûs ar-Ramadhàniyyah, 59/4)

SYA’BAN, BULANNYA PARA PEMBACA AL-QUR’AN
Salàmah bin Kahîl berkata,
كَانَ يُقاَلُ شَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ القُرَّاءِ
Dahulu Bulan Sya’ban disebut pula dengan Bulan Para Qurrà’ (Pembaca Al-Qur’an).
(‘Alî bin Naif Asy-Syuhûd, Mausû’ah al-Khithab wad Durûs ar-Ramadhàniyyah, 59/6).

BULAN SYA’BAN, SAATNYA MENYIBUKKAN DIRI DENGAN AL-QUR’AN
وكان عمرو بن قيس إذا دخل شهر شعبان أغلق حانوته وتفرغ لقراءة القرآن .
Amr bin Qais ketika memasuki bulan Sya’ban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Al-Qur’an.”
(‘Alî bin Naif Asy-Syuhûd, Mausû’ah al-Khithab wad Durûs ar-Ramadhàniyyah, 59/6)

PERBANYAK PUASA SUNNAH DI BULAN SYA’BAN
Ummul Mu’minîn, A’isyah Radhiyallàhu ‘anhà,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ
Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasûlullàh Shallallàhu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat Beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.
(HR. Al-Bukhàrî, no. 1969 dan Muslim, no. 1156).

BAYAR UTANG PUASA SEBELUM MASUK BULAN RAMADHAN
Abû Salàmah Radhiyallàhu ‘anhu mendengar ‘Aisyah Radhiyallàhu ‘anhà berkata,
كَانَ يَكُونُ عَلَىَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِىَ إِلاَّ فِى شَعْبَانَ
Aku dahulu punya kewajiban puasa. Aku tidaklah bisa membayar utang puasa tersebut kecuali pada bulan Sya’ban.
(HR. Al-Bukhàrî, no. 1950; Muslim, no. 1146).

PUASA SYA’BAN SEPERTI SHALAT SUNNAH RAWATIB
Syaikh Ibnu Utsaimîn Rahimahullàh berkata,
صوم ⁩ شعبان مثل السنن الرواتب بالنسبة للصلوات المكتوبة، ويكون كأنه تقدمة لشهر رمضان، أي كأنه راتبة لشهر رمضان، ولذلك سُن الصيام في شهر شعبان.
Puasa Sya’ban seperti shalat sunah rawatib terhadap shalat fardhu; seakan-akan ia sebagai muqaddimah bagi Bulan Ramadhan yakni seperti sunnah rawatib bagi bulan Ramadhan. Oleh karena itu, disunah kan berpuasa di Bulan Sya’ban.
(Syeikh Al-‘Utsaimîn, Fatàwà Arkàn Al-Islàm, hal. 491)

JANGAN SOMBONG DAN ANGKUH.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyeritakan dalam Wahyu NYA bahwa Iblis terusir dari surga karena sombong.
Maka,  kita yang amat bercita2 ingin masuk surga mestilah menjauhi sifat sombong ini.

Hadits Rasulullah ﷺ
عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه عَن النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ، قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا، وَنَعْلُهُ حَسَنَةً، قَالَ: إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ، الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ، وَغَمْطُ النَّاسِ . [رواه مسلم والترمذي وأبو داود وابن ماجه وأحمد ]
“Dari Abdullah bin Mas’ud ra,  dari Nabi ﷺ  bersabda: “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun sebesar dzarrah.”
Ada seseorang yang bertanya: “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?”
Beliau ﷺ  menjawab: “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.”
(HR. Muslim no. 91).

Adanya kesombongan sebesar dzarrah (sekecil apapun) dalam hati menyebabkan seseorang terhalang masuk surga.
Yang dimaksud dengan kesombongan adalah menolak kebenaran dari Allah Ta’ala dan dari Rasulullah ﷺ. dalam bentuk perbuatan, karena mulut dan hati serta perbuatan tidak hendak mentaati apapun.

Kesombongan karena memandang rendah yang menyampaikan kebenaran, sehingga apapun yang disampaikan  dipandang sebelah mata, karena merasa diri paling benar.

Pakaian baru, kendaraan baru, jabatan dan seluruh kekayaan yang diniatkan untuk ketaatan ibadah, In-syaa-Allaah tidak termasuk kategori kesombongan.

KESIMPULANNYA ;
Kesombongan adalah sifat warisan iblis yang pasti menjadi penghalang seseorang masuk surga.
    Maka, menjauh lah dari sifat sombong dan selalu mengingatkan kepada yang lainnya. Wallahu a’lamu bis – Shawwaab…

  Semoga kita semua beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat penuh keberkahan dan dalam limpahan Hidayah dari Allah Ta’ala serta diberi kemampuan istiqamah dalam keta‘atan,
آمِيّن آمِيّنْ آمِــــــــــيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْنَ َ
آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ

Moga bermanfaat. Wassalamu ‘alaiykum. Buya HMA Majo Kayo, Buya Masoed Abidin bin Zainal Abidin bin Abdul Jabbar.

Tinggalkan komentar