SEMPURNA MENYAMBUT RAMADHAN DAN MEMANFAATKAN KEHADIRANNYA.

1️⃣ BERDOA KEPADA ALLAAH UNTUK DAPAT BERJUMPA RAMADAN DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT.
Agar dapat bersemangat dalam beribadah kepada Allaah Ta’ala, baik berpuasa, melakukan shalat malam, maupun berdzikir.
2️⃣ BERSYUKUR KEDATANGAN RAMADAN.
Salah satu nikmat terbesar dari Allaah kepada hamba-Nya adalah Allaah berikan taufik-Nya untuk beribadah dan taat kepada-Nya.
Seorang muslim berjumpa dengan bulan Ramadan dalam keadaan sehat, itu sudah nikmat besar, yang patut disyukuri.
3️⃣ MERASA GEMBIRA DAN BAHAGIA.
Telah ditetapkan dari Rasulullaah ﷺ bahwa beliau memberi kabar gembira kepada para sahabatnya tentang kedatangan bulan Ramadhan, beliau berkata ;
“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Allaah telah mewajibkan puasa pada bulan itu untukmu. Di bulan ini pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup…”
(Hadist Riwayat Ahmad).
Para salafus shalih sahabat Nabi ﷺ dan generasi setelahnya, memperhatikan kedatangan bulan Ramadan dengan sangat gembira, dan lebih membanggakan tentang kedatangan Ramadhan, bulan yang diberkahi.
4️⃣ BERTEKAD MEMASUKI RAMADHAN DAN MEMANFAATKAN SEBAIK-BAIKNYA. Sangat disayangkan, banyak orang yang merencanakan segala sesuatunya dengan sangat detail dalam hal urusan dunia, tetapi sedikit dari mereka yang merencanakan hal-hal untuk kehidupan akhirat.
Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan tugas seorang mukmin dalam kehidupan ini, serta lupa atau mengabaikan bahwa seorang Muslim memiliki banyak kesempatan dengan Allaah dan waktu-waktu penting untuk mendidik dirinya sendiri agar bertahan pada prinsip ini.
Salah satu contoh dari perencanaan untuk akhirat ini adalah membuat jadwal kegiatan memanfaatkan Ramadan dalam ketaatan dan ibadah kepada Allaah Ta’ala. Seorang Muslim menyusun program praktis memanfaatkan hari dan malam Ramadhan dalam ketaatan kepada Allaah Ta’ala, In-syaa-Allaah.
5️⃣ BERTEKAD SUNGGUH UNTUK MENGISI WAKTUNYA DENGAN AMAL SHALIH.
Siapa yang sungguh-sungguh, jujur dalam niatnya kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam ketaatan dan akan memudahkan jalannya menuju kebaikan.
6️⃣ MEMPERSIAP KAN BEKAL ILMU DAN PEMAHAMAN SEPUTAR HUKUM-HUKUM RAMADAN.
Seorang mukmin harus beribadah kepada Allah dengan ilmu, maka ia sebaiknya mempelajari masalah-masalah puasa dan hukum-hukumnya sebelum berjumpa bulan Ramadhan, agar puasanya menjadi sah dan diterima di sisi Allah Ta’ala.
7️⃣ MENYAMBUT RAMADAN DENGAN TEKAD UNTUK MENINGGALKAN DOSA DAN KEBURUKAN SERTA BERTAUBAT DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH.
8️⃣ PERSIAPAN JIWA DENGAN MEMBACA DAN MENELAAH RISALAH, SERTA MENDENGARKAN KAJIAN YANG MENJELASKAN KEUTAMAAN PUASA DAN HUKUM-HUKUM NYA.
Agar jiwa siap untuk beribadah di dalamnya.
9️⃣ MENULIS FAEDAH ILMU UNTUK DISEBARKAN DI BULAN RAMADHAN.
🔟 MENYAMBUT RAMADAN DAN MEMBUKA LEMBARAN BARU YANG BERSIH DAN CERAH.
Dengan cara :
✓⁃ Bertobat kepada Allah dengan sungguh-sungguh.
✓⁃ Mengikuti perintah Rasulullah ﷺ dan menjauhi larangan-Nya.
✓⁃ Mempererat hubungan dengan orang tua, kerabat, keluarga, istri, dan anak-anak dengan berbuat baik dan menjaga silaturahmi.
✓⁃ Berkontribusi dalam masyarakat tempat kita tinggal agar menjadi hamba yang bermanfaat. Rasulullah ﷺ bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.

Seorang Muslim semestinya menyambut Ramadan dengan penuh harapan seperti orang yang merindukan kehadiran orang yang dicintainya, sesuai doa kita semua ; “sampaikanlah kami kepada Ramadan dan terimalah amalan kami, sesungguh nya Engkau Ya Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
Aamiin ya Rabbal Alamiin.

Semoga bermanfaat.
WABILLAHIT TAUFIEQ WAL HIDAYAH ….
Wassalam Buya Hma Majo Kayo
Buya MAbidin Jabbar
Buya Masoed Abidin

Tinggalkan komentar